Sabtu, 11 September 2010

MENINGKATKAN KINERJA WINDOWS XP, VISTA, SEVEN PADA PC/NOTEBOOK


 Mungkin anda pernah merasa jenkel karena proses kinerja pada  PC/NOTEBOOK anda tidak sesuai dengan keinginan anda. nha saya ingin berbagi beberapa cara untuk meningkatkan kinerjanya walaupun hanya beberapa saja.tetapi lumayan membantu. berikut cara-caranya
semoga dapat di menerti?
1.meningkatkan proses booting. sudah saya posing di sini
2. Meningkatkan kapasitas RAM, jika RAM anda kurang dari 512 MB. Caranya gampang kok... Anda tinggal bawa uang datang ke toko yang menjual perangkat-perangkat PC/Notebook lalu beli yang baru atau di upgrade menjadi 1 GB atau lebih. Kalau anda belum punya uang untuk membelinya, kita bisa akalin dulu buat sementara... (ingat:HANYA SEMENTARA) bagaimana caranya???
Tenang ?.. caranya:
a) Klik kanan pada icon my computer anda.
b) Pilih properties dan kemudian akan menumui jendela yang akan terbuka
pilih pada kotak advance kemudian pilih kotak performance dan setting. Tapi kalo di windows vista/seven beda dikit..... jika andai pakai vista/seven, setelah klik properties pada my computer, klik aja Advanced system settings.
c) Setelah masuk ke performance options maka tingkatkan virtual RAM anda Minimal 0 MB dan Maximal 3x lipat dari RAM anda. Misalkan RAM anda 512 MB, maka anda dapat mengganti 1536 MB. ingat Maximum Cuma 3x lipatnya ajav tidak bisa lebih...Lalu klik OK dan system akan restart dengan otomatis.


3. Update driver VGA dan chipset motherboard anda broo...,denang cara membawa PC/NOTEBOOK anda ke penjual alat PC/NOTEBOOK lalu upgrade VGA nya menjadi lebih besar. tapi update juga system BIOS anda beserta konfigurasinya. Kalo gak tau caranya, searching aja tentang konfigurasi BIOS di Mbah Google alias www.google.com. karena saya tidak berani memberikan caranya takut salah,nanti banyak yang komplain
4. Buang aja ... semua program yang gak digunakan dari Add/Remove Programs di Control Panel. misalnya game yang berat atau game yang dah bosen mainnya atau program2 grafis atau yang lainlah. pkoknya instal program yang perlu saja yang belum terlalu penting ndak usah di instal

5. Pastikan anda menggunakan file system dengan format NTFS jangan FAT32... Cara memeriksanya:
a) Buka Windows Explorer (My Computer).
b) Klik kanan pada drive C:
c) Klik Properties.
Kalo ternyata file system Anda menggunakan FAT32, maka untuk merubahnya gampang...gini caranya:
- Backup dulu data-data yang kamu anggap penting.

- Klik Start >> Run >> ketik CMD

- Setelah muncul jendela Command Prompt, ketik: Convert C: /FS:NTFS
Saya sangat menyarankan untuk menggunakan NTFS karena file system ini lebih aman dari pada FAT32...Tapi sebelum menjalankan yang di atas, system anda WAJIB bersih dari virus, jadi scan dulu system anda.


6. penting... Pastikan anda selalu mengupdate antivirus karena dengan mengupdatenya antivirus kita akan lebih ampuh dalam membasmi virus-virus. Ya minimal sebulan sekali aja lah. And inget,,ga perlu berlebihan menggunakan software antivirus. Cukup 1 aja, karena hanya akan memberatkan kerja system anda aja..
7. Silahkan anda menonaktifkan layanan (service) yang menurut anda tidak terlalu penting. Karena biasanya Windows XP memasang banyak sekali service yang tidak dibutuhkan oleh user. Untuk menentukan service apa saja yang tidak dibutuhkan, silahkan masuk ke situs Black Viper untuk konfigurasi Windows XP, vista atau seven anda.
9. Sekali sebulan jalankan disk cleanup. Caranya
a) Masuk ke my computer dan klik kanan pada drive C.
b) Pilih Properties
c) Klik tombol Disk Cleanup dan delete aja semua file temporer.


10. mengedit Registry Windows XP (tapi saya bahas lain waktu karena cukup rumit dan beresiko karena jika kita salah dalam mengedit registry maka  PC/NOTEBOOK kita benar2 bisa lumpuh.

sekian dari saya mudah-mudahan di mnengerti
SEKIAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

plis koment demi berkembangnya blog ini